Marko Simic Bawa Persija Jakarta Bekap PSIS Semarang

By ommed


nusakini.com - Persija Jakarta mengawali putaran kedua Liga 1 2021/22 dengan torehan positif setelah dalam pertandingan tandangnya memetik kemenangan 2-1 atas PSIS Semarang di Stadion Dipta Gianyar, Kamis (6/1) malam WIB.

Hasil itu membuat Persija melanjutkan catatan positif, mengingat di tiga laga terakhir putaran pertama meraih dua kemenangan dan satu imbang. Hasil itu membuat Macan Kemayoran naik ke peringkat enam klasemen sementara usai mengoleksi nilai 28, sekaligus menggusur PSIS dengan keunggulan satu angka.


Persija belum bisa menurunkan pemain baru Makan Konate di pertandingan ini. Kendati demikian, dua penggawa anyar lainnya, Ahmad Bustomi dan Ichsan Kurniawan, mendapatkan debutnya bersama Persija ketika dimasukkan di babak kedua.

PSIS mengawali pertandingan dengan baik, dan langsung memberikan tekanan ke pertahanan Persija selepas wasit meniup peluit kick-off. Hanya saja, mereka sering menyia-nyiakan peluang.

Alih-alin mendapatkan gol cepat, gawang PSIS justru kebobolan terlebih dulu pada menit ke-14. Umpan silang Marco Motta dituntaskan Marko Simic ketika sundulannya tak dapat dijangkau kiper Jandia Eka Putra.

PSIS pun meningkatkan irama permainan guna menyamakan kedudukan. Penjaga gawang Andritany Ardhiyasa harus jatuh bangun menyelamatkan gawangnya, termasuk mementahkan peluang Jonathan Cantillana pada menit ke-17.


Namun selang dua menit kemudian, Andritany gagal mencegah PSIS menjebol gawangnya. Kesalahan Otavio Dutra memberikan back-pass dimanfaatkan Hari Nur Yulianto dengan melepas tendangan. Bola sempat diblok Andritany, dan si kulit bundar mengarah ke gawang. Eka Febri Yogi pun langsung menyontek bola. Skor berubah menjadi 1-1.

Peluang diperoleh PSIS untuk membalikkan keadaan pada menit ke-27. Namun sepakan Wahyu Prasetyo dari jarak dekat memanfaatkan bola liar hasil sepak pojok dapat diamakan Andritany, sehingga skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

PSIS tidak mengendurkan permainan mereka di babak kedua dengan memberikan tekanan bertubi-tubi ke pertahanan Persija. Agresivitas PSIS ini memaksa barisan belakang Persija harus bekerja keras.

Kendati demikian, Persija mampu memanfaatkan kelengahan lini pertahanan PSIS pada menit ke-69. Simic mencetak brace setelah ia menyambar umpan tarik Riko Simanjuntak, dan melepaskan tendangan jarak dekat, sehingga bola tidak bisa dicegah Jandia masuk ke dalam gawangnya.

PSIS memanfaatkan waktu tersisa untuk mengubah papan skor. Kendati demikian, upaya mereka tidak membuahkan hasil hingga wasit meniup peluit panjang. (gi/om)